Sabtu, 03 Januari 2015

Peran Masyarakat dalam Pembangunan Bangsa


Indonesia merupakan negara kepulauan dengan kondisi geografis dan persebaran penduduk yang tidak merata diseluruh pulau-pulau Indonesia. Telah diketahui, bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 didunia. Menurut sensus tahun 2013 jumlah penduduk Indonesia sebesar 237.641.326 jiwa, angka ini akan terus bertambah dan diperkirakan pada tahun 2014 jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 250 juta jiwa.
Jumlah penduduk yang sangat banyak dengan persebaran penduduk yang tidak merata membuat Indonesia sulit untuk melakukan pembangunan merata. Padahal jumlah penduduk yang banyak ini dapat dijadikan sebuah potensi yang besar dalam membangun bangsa Indonesia, apabila bisa dilakukan dengan baik..
Tidak dapat dipungkiri bahwa pemerintah memiliki peran dalam pembangunan nasional, tetapi harus diakui bahwa masyarakat lah yang memiliki peran sangat besar dalam pembangunan nasional. Hal ini karena tanpa adanya peran  dari masyarakat akan membuat usaha yang dilakukan pemerintah untuk membangun bangsa menjadi sia-sia, layaknya pistol tanpa peluru. Selain itu, peranan masyarakat menjadi sangat penting hal ini sebagai konsekuensi dari kebebasan berekspresi masyarakat akibat proses reformasi yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998. Akibatnya masyarakat menjadi lebih kritis dan terbuka dalam mengkaji kebijakan-kebijakan yang akan dan sedang dilakukan pemerintah.
Adapun peran yang dapat dilakukan masyarakat untuk membantu pemerintah dalam proses pembangunan bangsa, diantaranya;
1.                  Peran di bidang pendidikan
Pendidikan merupakan permasalahan yang sangat penting dalam proses pembangunan bangsa. Oleh karena itu reformasi politik, social, hak asasi manusia (HAM) dan lain sebagainya akan menjadi tidak ada gunanya tanpa adanya reformasi pendidikan. Karena dengan pendidikan yang layak akan membangun bangsa dan membuat bangsa menjadi lebih maju.
Indonesia memiliki banyak penduduk yang apabila sistem pendidikannya memenuhi kebutuhan maka akan mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. SDM yang banyak serta berkualitas merupakan idaman dari setiap negara tanpa terkecuali Indonesia. Dengan SDM yang berkualitas dapat membuat Indonesia mampu bersaing dengan dunia international.
Peran  masyarakat yang dapat dilakukan dalam hal pendidikan adalah dengan belajar yang berkesinambungan dan memiliki sifat keterbukaan. Karena dua hal ini akan menjadikan manusia kaya akan pengetahuan. Sehingga, mampu membantu dalam mengatasi masalah perekonomian dan meningkarkan perekonomian yang merupakan salah satu indikator berhasilnya pembangunan yang dilakukan.
2.                  Peran di bidang politik
Pada dasarnya banyak kalangan yang menyangka bahwa politik merupakan hal yang hanya berurusan dengan kekuasaan. Padahal dengan politik di Indonesia dapat dijadikan sarana untuk mengemukakan pendapat, sehingga masyarakat dapat menentukan sendiri nasibnya. Tetapi masyarakat banyak yang bersifat apatis atau cenderung menuruti apa yang dikatakan pemerintah tanpa mengkritisi kebijakan tersebut. Hal ini dipicu dengan kurang percayanya masyarakat terhadap pemerintah maupun wakil rakyat yang ada.
Sifat apatis ini, sangatlah tidak baik untuk pembangunan bangsa. Padahal di era ini, peran masyarakat dalam menentukan keputusan yang diambil pemerintah sangatlah penting. Dengan mengeluarkan pendapat terhadap kebijakan yang dianggap kurang baik untuk kelangsungan bangsa sama saja seperti menegur atau mengingatkan pemerintah untuk kembali kejalan yang benar. Dengan kejadian seperti ini akan membuat Indonesia terus berada dijalan yang benar dan mempercepat proses pembangunan bangsa.

Dengan ikut berpartisipasinya masyarakat untuk membantu pemerintah dalam proses pembangunan bangsa maka akan terjalinlah kerja sama antara masyarakat dan pemerintah. Jadi, kekuasaan tidak hanya milik pemerintah seorang. Apalagi Negara Indonesia merupakan negara demokrasi yang mengharuskan rakyatnya ikut serta dalam pembangunan bangsa sehingga terwujudlah Indonesia yang maju, Indonesia yang jaya bahkan lebih jaya dari Amerika Serikat sekarang.
Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Poskan Komentar