Kamis, 25 Desember 2014

Hentikan Diam



Indonesia adalah negara yang menganut sistem demokrasi, Demokrasi adalah sistem pemerintahan rakyat . Artinya pemegang kekuasaan tertinggi dipegang oleh rakyat . Segala kebijakan mengenai putusan pemerintah haruslah dirundingkan dengan rakyat. Maksud dari sistem ini adalah masyarakat yang mengatur sendiri kehidupan mereka, karena yang menjalankan kehidupan adalah masing-masing individu masyarakat sendiri.
Tetapi tidak jarang bagi negara yang menganut sistem pemerintahan ini, hanya pemerintah yang merumuskan suatu kebijakan yang artinya masyarakat tidak dilibatkan dalam masalah ini. Hal ini bukan karena pemerintah tidak mau melibatkan masyarakat dalam perumusannya tetapi dikarenakan masyarakat lebih memilih untuk diam dan tidak ingin ikut campur dalam segala hal yang berbau politik.
Masyarakat lebih memilih untuk diam dikarenakan mereka sudah terlalu lelah dengan tingkah laku mayoritas politikus yang seringkali menyalahgunakan wewenang yang diembannya. Tidak sedikit dari politikus yang awalnya dipercaya oleh masyarakat dapat mewakili suara mereka dalam merumuskan kebijakan malah mengkhianati mereka dengan melakukan tindakan korupsi. Sikap diam masyarakat ini ditunjukkan dengan memilih untuk golput dalam memilih wakilnya sendiri di pemerintahan, mereka cenderung bersikap apatis atau acuh tak acuh dengan apa yang terjadi di dunia politik.
Memang pepatah “Diam itu emas” benar hal ini karena diam dianggap dapat mencegah munculnya masalah tetapi hanya dalam beberapa keadaan karena disisi lain diam justru dapat memperparah masalah. Hal ini karena mungkin di salah satu pihak menganggap masalah telah terselesaikan tetapi di lain pihak masalah masih dianggap ada sehingga dapat memperpanjang masalah dan membuat masalah tidak kunjung usai.
Sama halnya dengan sikap diam masyarakat, masyarakat mungkin berpikir apapun yang mereka ungkapkan nantinya pasti tidak akan di dengar oleh pemerintah jadi daripada membuang tenaga menyampaikan aspirasinya lebih baik diam dan pada akhirnya pemerintah akan menyelesaikan masalahnya sendiri. Memang masalah yang terjadi nantinya akan diselesaikan oleh pemerintah, tetapi cara penyelesaian masalah tersebut belum tentu cara penyelesaian yang terbaik dan belum tentu juga akan menguntungkan masyarakat. Hal ini bukannya menyelesaikan masalah tetapi malah menambah masalah baru.

Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat haruslah bersikap aktif dalam segala kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah karena segala kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah menyangkut dengan kelangsungan hidup kita baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan kita membuang sikap kita yang selalu diam, secara tidak langsung kita dapat memperbaiki sistem pemerintahan negara Indonesia yang buruk ini. Yang terpenting sebagai masyarakat, kita jangan lelah maupun bosan untuk memperbaiki negeri ini dan cobalah untuk kembali percaya. Meskipun hal ini sulit tetapi harus dilakukan demi memperbaiki Indonesia dan kehidupan yang lebih makmur. Jadi sama hal nya dengan menanam benih, apa yang kita tanam itulah yang kita petik.
@grreyansa
Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Poskan Komentar