Rabu, 14 Agustus 2013

TIPS LIBURAN MENYENANGKAN DAN MURAH

Bingung dalam menentukan kemana anda akan berlibur pada saat liburan? Liburan yang menyenangkan tapi tetap murah-meriah? Merencanakan liburan memang susah-susah gampang. Tanpa persiapan dan perencanaan yang matang, liburan bukannya menyenangkan tetapi malah akan menjadi membosankan dan membuat stress. Apabila ingin gampang, mungkin kita dapat serahkan saja ke agent travel. Namun, liburan dengan mengandalkan agent travel tidaklah murah, kita harus menyiapkan biaya yang lumayan banyak. Dan apabila kita salah-salah dalam memilih agent travel, malah pemborosan yang nantinya akan kita rasakan.
Oleh karena itu, ketika saya mendapatkan liburan hari raya idul fitri yang cukup panjang, saya benar-benar harus memutar otak agar liburan yang diberikan sekolah kepada saya tidak berakhir membosankan dan sia-sia. Ditambah lagi keluarga saya tidak pergi mudik kekampung halaman, jadi tetap menetap dikota. Nah dari latar tersebut, saya tertarik dalam menceritakan tentang liburan saya. Mungkin dari cerita liburan saya ini bisa menjadi tips  atau inspirasi bagi para  pembaca bagaimana cara menghabiskan liburan dengan menyenangkan tetapi tetap murah meriah.
Yang pertama untuk menghindari kebosanan, yang saya rencanakan adalah merencanakan buka bersama dengan teman-teman SMP saya.  Karena banyak teman-teman saya melanjutkan sekolah keluar kota, tidak menetap di Balikpapan. Jadi, sayapun memanfaatkan moment liburan ini untuk kembali berkumpul dengan teman-teman lama saya dan berbagi cerita tentang sekolah masing-masing. Kami pun mememilih tempat untuk buka bersama di salah satu tempat makan yang berada di Plaza Balikpapan. Apabila anda yang berada di luar Balikpapan tapi masih satu provinsi yaitu Kalimantan Timur dan ingin berkunjung ke Balikpapan, disarankan untuk mengunjungi Plaza Balikpapan yang merupakan pusat perbelanjaan yang sangat banyak dikunjungi masyarakat. Selain karena isinya sangat lengkap letaknya juga strategis, disamping Plaza Balikpapan terdapat pusat perbelanjaan lainnya yaitu Balcony. Kelebihan dari Balcony menurut saya pribadi adalah tidak begitu ramai sehingga untuk jalan-jalan dengan keluarga enak dan kita dapat menikmati pemandangan pantai yang begitu indah dari dalam mall sambil menyantap makanan.
Rencana selanjutnya, ketika hari raya idul fitri tiba yaitu menjelajahi kota. Berhubung saya tinggal di Balikpapan, sayapun menjelajahi Balikpapan. Dan kebetulan ini hari raya, sayapun juga ikut berwisata kuliner. Sayapun benar-benar memanfaatkan wisata kuliner gratis ini, karena saya tidak perlu kedaerah asli dari masakan-masakan ini, jadi tidak perlu mengeluarkan biaya.
Beberapa hari setelah hari raya saya pun mencari hiburan lainnya yang wajib saya jelajahi. Menjelajahi kota tetangga emang menjadi pilihan. Kota tetangga yang dekat dengan Balikpapan yang saya pilih untuk jelajahi adalah Tenggarong. Bagi yang tidak memiliki mobil pribadi dapat dengan menggunakan Bus antar kota yang tidak begitu mahal harganya, mungkin kita hanya perlu mengeluarkan ongkos paling mahal Rp 50.000,-/orang. Objek wisata yang saya kujungi di Tenggarong adalah Museum Kutai Kartanegara. Biaya masuk ke dalam museum ini juga tidak begitu mahal hanya Rp 3.500,-/orang. Dengan mengeluarkan uang yang tidak begitu banyak tersebut, kita dapat memperkaya wawasan kita, karena didalam museum tersebut banyak sekali benda-benda peninggalan Kerajaan Kutai, selain itu disana juga banyak terdapat penjelasan tentang benda-benda dan terbentuknya kerajaan pertama di Indonesia itu.
Mengunjungi berbagai tempat yang memiliki pemandangan bagus juga menjadi rencana saya selanjutnya. Dikota Balikpapan sebenarnya banyak sekali tempat yang memiliki pemandangan bagus, tetapi pilihan saya jatuh ke Pantai Manggar. Pantai ini selain memiliki pemandangan yang bagus juga memiliki berbagai macam wahana air yang tidak kalah menariknya dari Pantai Kuta di Bali. Harga masuk kepantai ini juga tidak begitu menguras kantong. Hanya dengan Rp 2000,-/orang kita sudah bisa masuk, tetapi tidak termasuk dalam mencoba wahana. Kita dapat melihat pemandangan sunset dari Pantai Manggar.
Dihari-hari terakhir liburan saya habiskan untuk mengerjakan berbagai macam tugas sekolah. Karena tidak mungkin sekolah tidak memberikan sedikit pun tugas untuk liburan idul fitri. Jadi hari-hari terakhir liburan saya berakhir dengan super sibuk dikarenakan tugas yang begitu banyak.  Oleh karena itu hari-hari terakhir liburan saya tidak begitu terasa sehingga tidak membosankan.
Nah itulah beberapa cerita yang menyelipkan sedikit tips untuk menghabiskan liburan hari raya Idul Fitri dengan mengeluarkan sedikit biaya tetapi tetap tidak membosankan dan dapat menambah wawasan kita.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar